12 July 2014

Internet oh Internet

Sejak adanya internet, kayaknya hampir tiap hari dihabiskan untuk main internet, bahkan tiap jam kali. Sedikit-sedikit liat smartphone, buka social media, browsing, ngobrol dengan berbagai platform. 

Kalo diinget-inget, jaman pertama kali gue kenal internet itu sekitar tahun 2004, internetan masih pake telkomnet instant dial up, yang mana mesti gantian sama telpon rumah -___- maka itu kali yah kebiasaan internetan itu jadi malem-malem. Terus beberapa tahun berikutnya, udah mulai bisa akses internet pake speedy dan dari handphone. Walopun belum sekenceng sekarang. Kayaknya dulu masih inget banget jaman ngecek friendster dari handphone dan keluar 30an rebu :lol: yasalam banget ga sik. 

Ketika muncul facebook twitter, udah mulai kece banget kan keadaan internet. Aksesnya jadi gampang banget, tapi karena belum pake smartphone, masih lebi suka browsing dari laptop ajah. Nah, saat uda ganti blackberry, mulai lebih sering browsing dari BB kan, platform ngobrol juga jauh nambah, dari SMS, MSN, berangkat ke BBM dan WhatsApp.

Puncak-puncaknya sih pas udah pake Android. Dengan layar segede 5 inches, browsing jauh lebih memadai dan ga ribet sama sekali. Ga mesti  nunggu-nunggu nyalain laptop, cukup mengandalkan handphone segenggaman tangan doang. Gue baru sadar betapa lamanya gue uda ga browsing dari laptop gue hari ini. Kalo dulu folder download an di laptop itu bisa bener-bener banyak banget, sekarang rasa-rasanya uda ga nambah. Kalo browsing dari handphone, terus langsung disave dan dipamerin ke social media juga dari situ. Oh sungguh hidup yang aneh. Seaneh kebiasaan foto makanan sebelum dimakan. Sejak kapan ya kebiasaan ini muncul? Kayaknya jaman gue SMA deh masih kalo makan ya makan aja, ga perlu difoto, kecuali kalo fenomena aja gitu (misalkan pesen 15 gelas es teh untuk 5 orang :lol:). Kalo sekarang, gue pun mengakui tendensi untuk foto makanan sebelum dimakan itu sangat kuat. Dan kalo dipikir sih jawabannya ya karena banyak social media yang tersedia untuk "pamer" itu.

Hidup sekarang jadi sulit fokus menurut gue. Disadari atau engga, separuh hidup kita digunakan untuk impress orang lain, walaupun bukan maksud impress yang bener-bener gitu. Internet terlalu menyita sebagian besar waktu hidup. Kita lebih sering nunduk ngeliat ke layar daripada ngeliat lurus ke depan dan menikmati waktu sama orang lain. Maka gue pribadi sangat sangat menghargai orang yang bisa "meninggalkan" handphone nya ketika lagi ngobrol sama gue.

Internet oh internet. Kamu mendekatkan yang jauh tapi juga menjauhkan yang dekat :')

0 comments: