14 July 2014

World Cup 2014 (Netherlands)

Seperti tahun-tahun sebelumnya, gue mendukung Belanda untuk jadi juara dunia. Oranje Boven lah selalu dari tahun 2006 gitu. Gue inget gue mulai suka Belanda sejak suka Van Persie. Gue masih kelas 2 SMP waktu itu dan pertama liat Persie tanding saat main bersama Arsenal. Sejak hari itu, gue jadi pendukung Belanda. Hahaha. Bukan hanya sepak bolanya, termasuk juga menjadi penggila Belanda garis keras. Yes, Belanda as in negaranya, pingin sekolah disana, pengen jalan-jalan ke sana, yah pengen menjejakkan kaki di sana deh. 

Tahun 2006 itu adalah pertama kalinya gue nonton Belanda di kompetisi gede, yaitu World Cup 2006. Perjalanannya ga jauh-jauh amat, cuma sampe perdelapan final, kalah sama Portugal 0-1. Itu pun satu perandingan 4 kartu merah dan 8 kartu kuning totalnya, additional time udah 6menit apa. Rasanya kzl banget. Bahkan itu gue nonton ampe jam 5 pagi gitu yasalam. 

Berlanjut dari situ gue selalu nonton Belanda di kompetisi-kompetisi tersebut. Yang paling membekas di ingatan gue tentunya World Cup 2010. Itu gue udah lulus SMA, lagi nganggur-nganggur nunggu masuk kuliah. Belanda lolos ke final! Tapi... kalah aja yah. 0-1 lagi. Sama Spantol, dan itu di menit ke 116 EXTRA TIME. YASALAM TOLONG AKOH. Bener-bener sedih banget. Football is not just a game deh buat gue kalo udah ngomongin Belanda.

Tahun ini, gue uda lulus kuliah, udah kerja, kembali setia nonton Belanda. Perjalanan Belanda sampe semifinal :') Argentina penjahatnya lol. Kali ini kalahnya adu penalti. Kzl. Engga suka deh ngeliatnya. Padahal di perempat final gue baru hore-hore karena Van Gaal epic banget ganti kiper di menit terakhir extra time dari Cillissen ke Tim Krul. Dan Krul ini epic sekali sodara-sodara. Masa dia bener semua nebak arah tendangan pemain CostaRica dan save 2! All hail Krul! Sayangnya Krul ga dimasukkin lagi di pertandingan lawan Argentina, malahan subs terakhirnya Huntelaar ganttin Persie. Jadilah penendang pertama malah... Ron Vlaar, Yes that tembok beton gagal cetak gol. Juga dengan gagalnya Sneijder cetak gol. Oke. Tapi kayak sepanjang WorldCup ini seneng banget mendukung Belanda dari awal sampai akhir juara 3! (lawan Brazil). Menjadi saksi hidup Belanda menang lawan Spanyol 5-1. Yes mereka satu grup aja dong di piala dunia kali ini. Pertandingan pembukanya bahkan Belanda lawan Spanyol. Revenge is sweet. Really really sweet.

Katanya mungkin ini jadi piala dunia terakhir untuk trio Persie-Sneijder-Robben, karena mereka umurnya di atas 30 semua. Sedih :') tapi sungguh optimis ngeliat skuad muda Belanda yang awalnya diremehkan sama negaranya sendiri, orang-orang bahkan gatau siapa yang dibawa Van Gaal (termasuk gue), tapi bisa menutup piala dunia ini dengan (cukup) manis. 3rd place!

Bedankt Oranje! Ik hou Van Oranje!

Gol header Persie yang super epic!


5pa1n!!



 
ALL HAIL KRUL!!


My men!

Cillissen, you're still a hero!


Gol Persie dari titik putih, menit ke-3 saja.

3rd place! Wohooo! Defeat the host 0-3!

Luka, Robben, Persie, Dina, Shaqueel *.*


Persie gives his armband to this dedicated Dutch fans


0 comments: